www.asepbahtiar.com

WA: 081219111164

Karang Bolong Anyer, Wisata Komplit Instagramable Banget

Leave a Comment

View di 'belakang' karang bolong, saat air laut sedang surut. Dokumen Pribadi

Sebagai orang Banten, saya sering sebenarnya melewati jalur ini (Anyer), apalagi kalau pas mau ke Cilegon dan memilih jalur Anyer, saya pasti melewati pantai karang bolong ini.

Tetapi saya hanya lewat begitu saja, tidak pernah mampir atau singgah, karena dulu sewaktu masih kecil, juga pernah kesini bersama keluarga, jadi tempatnya hanya begitu-begitu saja bagi saya, tidak ada yang istimewa samasekali.

Tetapi ternyata anggapan ini keliru, kebetulan hari itu kami melakukan perjalanan yang lumayan jauh, seorang teman tiba-tiba nyeletuk ingin banget berkunjung ke Karang Bolong karena menurutnya dia samasekali belum pernah kesana.

Dengan spontan tanpa direncanakan kamipun akhirnya memarkirkan mobil di area Parkir, kalau tidak salah hari itu adalah hari jumat, sekitar jam 3 sore, jadi tempat ini lumayan sepi dan tidak banyak pengunjung. Kami akhirnya weekend mendadak ditempat asyik ini.

Ketika mobil di parkirkan sebentar, tiba-tiba ada seorang penjaga yang menghampiri kami dan menyodorkan sebuah 'tiket' parkir mobil, di sana tertera harga 20.000. Saya kira itu sudah termasuk tiket 'masuk' juga. Ternyata harga tersebut hanya untuk parkir kendaraan saja. Ya sudah deh, akhirnya kami bayar saja. Tetapi bagi saya harga 20.000 itu termasuk mahal juga, sebab kalau parkir di depan Hotel Indonesia atau di mal-mal besar biasanya harga tiket ditentukan dari berapa lama kita berkunjung di sana.

Jadi kalau singgahnya hanya satu jam biasanya juga kena 3000 perak, jadi tiket untuk parkir mobil 20.000 ini termasuk mahal menurut saya, sebab ketika kami masuk kepintu gerbang, setiap orang juga disodori tiket masuk yang tertera di sana seharga 15.000. Ada tiga orang dalam rombongan kami, termasuk saya sendiri. Jadi kalau ditotal harga parkir mobil 20.000. Dan tiket untuk 3 orang yakni 15.000X3 =45.000. Sekali singgah dan belum apa-apa kami sudah tekor 65.000 (Tepuk jidat).

Setelah masuk ke area lokasi wisata, dan melihat pemandangan yang begitu indah hati saya langsung dag dig dug. Bukan karena takut diminta uang lagi, tetapi karena keindahan pantainya yang sungguh luar biasa. Hemm.. Pantas mahal, ternyata pantai karang bolong menggabungkan sebuah wisata antara pantai, karang yang unik yakni karang yang besar dan berbolong, juga kita bisa menaiki tangga menuju keatas sehingga keindahan laut lebih indah untuk dinikmati dari atas ini, juga tempat ini sangat ramah bagi anak-anak karena banyak patung monster-monsteran seperti dinosaurus dan lainnya.


Ada banyak tempat bermain untuk anak-anak agar tidak bosan bermain. Kalau tidak suka basah-basahan, mungkin naik dinosaurus ini bisa merefresh kembali otak kita yang lelah di kantor Foto: Nano Suparno

Ini merupakan tangga menuju keatas karang bolong. cukup melelahkan untuk bisa sampai kesini. Foto: Panca teguh pranata

Pemandangan dari atas, lelah yang terbayar lunas, indah banget pokoknya Foto: Siswana Purwadi
Saat air laut sedang surut, pemandangan dari atas karang bolong. Selain melihat pantainya yang indah kita juga disuguhi airnya yang jernih sehingga karang-karang dibawah terlihat jelas Foto:Siswana Purwadi
Mengenai cerita beberapa kawan yang pernah singgah ke sini, yang katanya mereka selalu 'dibuntuti' oleh para pedagang asongan, hari itu saya tidak mengalaminya, karena mungkin bertepatan dengan hari jumat, bukan hari weekend. Meskipun pengunjungnya saat itu terbilang sepi, tetapi di dalamnya (area wisata) banyak pedagang dan orang lokal yang meramaikan tempat ini.

Secara kebetulan juga, pada saat itu air laut sedang surut, sehingga banyak karang yang terlihat 'menonjol' sehingga membuat pantai ini begitu indah. Jika laut tidak surut, mungkin kami tidak bisa berjalan sampai ke tengah lut sebab akan berbahaya sekali dengan ombaknya, tetapi saat itu sedang surut jadi lebih indah deh menikmati pemandangan di Karang Bolong.
Saat air laut sedang pasang, kita tidak bisa bebas berfoto kecuali kalau mau basah-basahan. foto milik Risky Aprianto

Keren ya.. Batubatu karang yang saling tumbuk dibawah bolongnya karang bolong.. Foto: Ruhida Taufik


Secara garis besar Pantai Karang bolong Anyer ini merupakan perpaduan antara pasir putih, karang yang unik, tempat nongkrong yang asik, pemandangan laut dari atas yang indah, juga tempat bermain anak-anak yang ramah. Top banget pokoknya. Kekurangannya mungkin tidak bisa bebas berenang saja, sebab banyak karang ditengah laut. Tetapi pantai ini sangat cocok buat berenang anak-anak. Bisa dibilang karang bolong ini merupakan wisata yang asik buat keluarga. Kalau mau ke Anyer, jangan lupa mampir kesini, gak bakalan rugi pokoknya. (*)

Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

0 komentar:

Posting Komentar